Blog atau weblog yang merupakan sarana menulis bagi siapa saja, ternyata masih sering dilupakan pengetahuan teknis dasarnya.

Jika  kita sudah bicara soal blog artinya kita juga membicarakan soal website. Baik yang gratisan atau yang berhosting dan dot com.

Teknis dasar bisa mulai dari cara install website, cara upload theme, cara install blog hosting dan masih banyak lagi.

Lalu… Kalau kita bicara soal menulis, saya yakin siapa saja bisa menulis, entah itu mau nulis apa saja yang penting menulis.

Tapi bagaimana soal teknis? Apalagii teknis dasar website?

Soal teknis memang tidak bisa disama ratakan, masing-masing orang punya kemampuan yang berbeda satu sama lain. Demikian juga dengan kemampuan penguasaan atau pemahaman teknis soal website.

Kawan-kawanku yang baik….

Ingatkah anda kenapa anda tertarik dengan blogging, dan apa saja ilmu yang anda dapat dari blogging?

Jika sudah dijawab, maka anda sudah setengah basah, artinya anda harus tahu isi seluk beluk isi website yang minimal jeroan website yang kita kelola sendiri.

Kalau jeroan website yang kita kelola sendiri aja nggak tahu, saya sarankan sekarang juga pelajarilah minimal teknis dasarnya. Karena jika pengetahuan dasar saja dilewatkan bisa dipastikan ilmu dan pengalaman sampai disini saja. Lalu dimana pernyataan kalau benar-benar tertarik dengan blogging?

Nah.. kita ambil satu contoh saja,,,,,

tahukah anda kenapa seorang cheff bisa dibayar mahal? Padahal Cuma tinggal masak doank dan masak ya Cuma gitu-gitu saja. Menempuh pendidikan pun juga ditempat yang sama. Artinya ilmu yang didapat pun sama.

Tapi apa yang dilakukan seorang cheff sampai bisa dibayar mahal, bahkan puluhan juta?

Selain pengetahuan dasar yang dipelajari, dia juga melakukan trial error. Biarpun intinya sama-sama memasak tapi dia juga melakukan berbagai macam percobaan yang memakan waktu lama.

Terus… terussss…. dan terussss….  Hingga penikmat makanannya merasa puas dan ketagihan.

Begitupula dengan pengetahuan dasar website, dan hanya pengetahuan teknis dasar loh ya.

Jadi jangan lupakan pengetahuan dasar ini, semakin sering bertemu masalah dan bisa mengatasinya maka semakin matang pula kemampuan kita dalam menguasai ilmu itu.

Kita ini sedang dihadapkan dengan internet, artinya gunakanlah semaksimal mungkin, anda bertanya internet menjawab dan kalau masih nggak jawab juga, ada banyak teman disini.

Semoga memotivasi.