Candradot.Com berbagi motovasi, blog dan bisnis onlineCandradot.Com berbagi Motivasi, blog dan bisnis onlineJika kreativitas menulis di blog tersendat hanya karena satu penyakit yang namanya ide.

Yang akhirnya nggak ada ide jadi nggak nulis. sedangkan blog kalo nggak di update apa jadinya ya? (Silahkan dijawab sendiri hehehe..)

Masing-masing individu memang punya kemampuan yang berbeda dalam menulis, nggak harus pakai rumus 5 W + 1 H juga bisa. Jadi rumusnya saya ganti menjadi menulis nggak pakai L ( hehehe… menulis nggak pakai Lama maksudnya..).

Sederhana saja dan sekedar sharing yang selama ini saya lakukan, tentang bagaimana menulis di blog dengan cara yang simple.

Memang benar adanya, menulis itu membutuhkan riset yang cukup sebelum anda tampilkan pada blog, agar tulisan anda benar-benar dibaca dan memberikan manfaat bagi pembaca. Namun pada kenyataannya, pembaca lebih senang yang unik, mudah dicerna dan tulisan nggak panjang.

Jadi menulis itu ada kalanya panjang dan ada kalanya pendek, dan menurut saya sih menulis seperlunya saja, pintar pintar kita mengatur ritme dalam menulis. Agar pembaca juga tidak bosan.

Dan cara menulis nggak pakai Lama itu adalah, tentukan satu topik dengan menyertakan bukti seperlunya dan berikan solusi atau kesimpulan dari bukti-bukti tersebut. Atau dengan cara lain yaitu sebab -akibat + solusi.

Misalnya artikel blogger Mas Mas, yang saya berikan sedikit bukti bahwa blogger Mas Mas yang semakin diminati dan terakhir saya menuliskan kesimpulan berupa motivasi tidak perlu takut dicap pasaran untuk memilih nama domain mas dot com.

Kemas secara keseluruhan dengan menciptakan interaksi dengan pembaca, yang dalam bahasa kerennya adalah Two Way Communication. Daaaan….  Selesai.

Semoga tips ini bermanfaat dan tentunya masih jauh dari sempurna jika dibandingkan dengan para senior, karena saya yakn teman-teman punya cara sendiri untuk mengatasi agar tetap konsisten menulis di blog.