Apa yang anda rasakan jika seorang teman atau seseorang teman bisnis anda salah menyebut nama anda? Atau lupa nama anda?Manfaat Mengingat Nama Seseorang Dalam Bisnis Online

Merasa sebel? Atau  Jengkel? Karena anda merasa disepelekan? (Nyebut nama aja kok susah ya,..)

Atau merasa biasa saja..?

Apa jadinya jika suatu saat anda dipangil, “Eh… kamu yang pake topi”

atau…. Candra bisa menjadi Sandra.(cuma beda dikit) Apa yang anda rasakan…?

Bagaimana pula, jika anda berada di posisi sebagai orang yang lupa nama teman anda? dan ini terjadi di ruang lingkup kerja anda? Sedangkan seseorang yang berusaha anda sebutkan namanya adalah Klien bisnis anda dan dia adalah prospek anda.

Anda beruntung jika klien tersebut tidak mempermasalahkan, namun sebaliknya jika klien tersebut tidak puas, maka anda kehilangan 1 orang prospek.

Sekarang coba posisikan anda dalam situasi sederhana ini….

anda sedang makan di suatu café atau restaurant dan tiba-tiba seorang waiter atau sever mengantar Bill kemudian mengatakan “Terima kasih Bapak Habibie Reza, Silahkan datang kembali, Selamat malam”

Dan..apa yang anda rasakan?

Tersenyum, tersipu malu, bangga sekaligus kaget karena seseorang yang tidak anda kenal sebelumnya sanggup menyebut nama anda dengan benar. Kemudian  anda merasa tersanjung dan anda akan berpikir “suatu saat akan kembali ke café tersebut”.

(café lagi, café lagi..) Bukankah Membahas yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari terasa menyenangkan?

Pelajaran berharga ini saya peroleh pada saat dibangku kuliah dulu, kemudian sekarang benar-benar nyata terpakai di pekerjaan saya sehari-hari. Dan hal ini sering juga dibahas di seminar2 yang pernah saya ikuti. Hal ini bisa kita pelajari dan diterapkan dalam bisnis online.

sudah banyak juga di bukukan, salah satunya yang menjadi acuan saya untuk berbagi dengan rekan2 adalah Buku“How To Win Friends and Influence People – By : Dale Carnegie”.

Silahkan simak kutipan berikut :

Sebuah wawancara Jim Farley tentang keberhasilannya dan Dia menjawab “Kerja keras” dan saya berkata ” jangan becanda”. Kemudian kembali saya menjawab: “Saya mengerti anda (Farley) bisa menyebutkan sepuluh ribu nama orang”

“Bukan,.. anda keliru” ujarnya. “Saya mampu menyebut nama depan lima puluh ribu orang”

Kemampuan itu membuat Farley menempatkan Franklin D. Roosevelt ke Gedung Putih ketika Farley memimpin kampanye tahun 1932.

Source : How To Win Friends and Influence People – Oleh : Dale Carnegie” – Kalau Anda Tidak Melakukan Ini, Anda Akan Menuju Jalan Kesulitan.

Nah.. rekan-rekan sanggup menghafal lima puluh ribu nama orang? Pasti sanggup, dan patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik 85758332pertemanan dan bisnis khususnya.

Bagaimana prakteknya? Mari ambil satu contoh saja. Dengan menambahkan Yahoo Messenger Status misalnya, sebagai alat komunikasi anda dengan pengunjung Blog anda.  Karena Membangun Hubungan Baik adalah Invetasi  yang Tak Ternilai Untuk Bisnis Anda.

Maka manfaat yang anda dapat adalah :

  • Dari segi Manner atau tata krama kita bisa belajar menghargai seseorang
  • Dari segi bisnis Dengan menyebut nama seseorang dengan benar, maka seseorang akan dianggap penting. Reputasi anda akan ikut meningkat dan nama anda pun akan diingat.
  • Dengan membuat seseorang itu penting, akan membuat seseorang merasa benar-benar diperhatikan karena anda berhasil menjadikannya bagian dari anda.
  • Setelah seseorang merasa bahwa dirinya adalah penting maka seseorang akan tersanjung, tersenyum tersipu malu, bangga sekaligus kaget. Maka seseorang akan kembali menemui anda karena sikap anda atau Service Anda.
  • Semakin banyak orang yang percaya dengan anda, bukan tidak mungkin seseorang itu akan melakukan promosi Mouth to Mouth pada teman2nya karena reputasi anda.

Inilah pelajaran berharga yang bisa kita terapkan. Perhatikanlah hal yang sering dianggap kecil namun bisa menjadi jantung dari bisnis anda.

Nah.. capek mambaca artikel ini? Tunggu pembahasan Bag 2.

Salam Sukses,

Candra Tri Wardana

PS : Semoga artikel ini bermanfaat buat rekan2, dan nama yang saya sebut diatas “Mas Habibie Reza”, adalah ungkapan terima kasih saya buat mas Reza yang telah memberikan support pada CandraDot.Com.

Belajar Web Bisnis